Jumat, 13 Februari 2015



  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I.     IDENTITAS MATA PELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN
:
Sekolah Menengah Atas ( SMA )PLUS HAYATUNNUR
1
Mata Pelajaran
:
BIOLOGI
2
Kelas / Semester
:
X IPA /1
3
Bahan kajian (konsep)
:
KEANEKARAGAMAN HAYATI
4
Judul kegiatan
:
Mendeskripsikan keanekaragaman gen, jenis, ekosistem melalui kegiatan pengamatan
5
Alokasi waktu
:
2 x 40 menit
6
Kompetensi Inti
:
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang di anutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,  kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,  teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
7
Kompetensi Dasar dan indikator
:
1.1.Mengagumi, menjaga, melestarikan keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang ruang lingkup, objek dan permasalahan  Biologi menurut agama yang dianutnya.
Indikator:
·       Membaca Basmalah ketika akan mulai pelajaran
·       Mengkaji ayat al-quran yang membahas tentang keanekaragaman hayati
·       Mengucap syukur atas segala proses yang terjadi dalam diri
2.1.Berperilaku ilmiah (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif dalam melakukan percobaan dan diskusi di dalam kelas maupun di luar kelas.
      Indikator :
·       Menunjukan sikap ilmiah ( jujur, kerja sama, responsif dan proaktif) selama proses pembelajaran
3.7. Mendeskripsikan keanekaragaman gen, jenis, ekosistem melalui kegiatan pengamatan
Indikator :
·       Menjelaskan keanekaragaman tingkat gen dan jenis makhluk hidup  dari hasil pengamatan lingkungan.
·       Membandingkan ciri keanekaragaman hayati pada tingkat gen, jenis, dan ekosistem.
·       Mengenali kekhasan berbagai tingkat keanekaragaman di lingkungan sekitar
·       Menjelaskan faktor-faktor yang menentukan keanekaragaman ekosistem.
·       Menjelaskan peran keanekaragaman terhadap kestabilan lingkungan
·       Menjelaskan usaha-usaha pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia
4.9.Mengelompokkan berbagai jenis mahluk hidup pada tingkat gen, jenis dan ekosistem dari berbagai objek dan atau menggunakan gambar
Indikator :
·       Mengamati berbagai objek dan gambar jenis makhluk hidup pada tingkat  gen, jenis dan ekosistem 
·       Mengkomunikasikan hasil dalam bentuk tabel pengamatan dan laporan.
II. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah membaca basmalah, mengkaji ayat al-quran dan mengucap syukur, siswa dapat lebih memahami keterkaitan konsep pembelajran dengan ayat al-quran dan senantiasa bersyukur.
2.
Setelah mempelajari materi tentang keanekaragaman hayati, siwa dapat berprilaku  jujur, kerja sama, responsif dan proaktif.
3.
Setelah guru menjelaskan, Membandingkan ciri keanekaragaman tingkat gen dan jenis makhluk hidup  dari hasil pengamatan lingkungan, siswa dapat mengenali berbagai keanekaragaman tingkat gen dan jenis makhluk hidup
4.
Setelah Menjelaskan faktor-faktor yang menentukan keanekaragaman ekosistem siswa dapat mengetahui faktor-faktor yang menentukan keanekaragaman ekosistem
5.
Setelah Menjelaskan peran keanekaragaman terhadap kestabilan lingkungan siswa dapat mengetahui peran keanekaragaman terhadap kestabilan lingkungan
6
Setelah Menjelaskan usaha-usaha pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia siswa dapat mengetahui dan melaksanakan usaha-usaha pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia


       II.       MATERI PEMBELAJARAN
a.     Konsep
o  Keanekaragaman tingkat gen
Gen mengekspresikan berbagai variasi dari satu jenis makhluk hidup, seperti tampilan pada bunga ros merah dengan putih, ukuran daun, tinggi pohon, dsb.
o    Keanekaragaman jenis
Keanekaragaman jenis  adalah keanekaragaman pada spesies yang berbeda. Keanekaragaman jenis pada mikroorganisme seperti Saccharomyces sp dan Rhizopus sp , pada tumbuhan seperti kelapa ,pinang, sawit, Sedangkan pada hewan contohnya kucing dan macan.
o  Keanekaragaman ekosistem
Keanekaragaman ekosistem terjadi karena adanya perbedaan komponen abiotik suatu lingkungan yaitu  Letak pada garis lintang dan bujurnya, ketinggian tempat, iklim, kelembaban, suhu, kondisi tanah dsb. Keanekaragaman ekosistem mengakibatkan keanekaragaman hayati
b.      Pro­sedur
Melakukan pengamatan berbagai objek dan gambar keanekaragaman hayati.
VI.        STRATEGI PEMBELAJARAN
1
Pendekatan
:
Saintific  
2
Model Pembelajaran
:
Discovery learning
3
Metoda
:
Diskusi, praktikum dan ceramah
4
Langkah-langkah kegiatan

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.    Apersepsi meliputi :
· Salam ,Doa , Sebagai implementasi nilai religius
· Pengkondisian kelas , sebagai implementasi nilai disiplin
·      Melakukan tanya jawab mengenai materi yang akan di sampaikan
·      Memberikan stimulation kepada siswa
2.    Pra-sarat meliputi:
·         Membaca artikel yang berhubungan dengan materi
·         Mengumpulkan mind-map rangkuman materi
3.    Motivasi meliputi:
·     Mengkaji ayat al-quran yang berhubungan dengan materi
·    Mengamati gambar
4.    Penyampaian tujuan
5.    Pembuatan kelompok
·          Membagi siswa menjadi 5 kelompok untuk melakukan praktikum.
15 menit





3 menit


2 menit




1 menit
2 menit
2 menit
Inti

a.Stimulasi
· Guru menyiapkan gambar yang sesuai dengan materi pada fakta
· Guru menayangkan gambar untuk diamati siswa
b.    Observasi dan perumusan masalah
·  Siswa secara individu mengamati tayangan gambar tentang keanekaragaman hayatisecara cermat,teliti,untuk memenuhi rasa ingin tahu 
·  Guru Menjelaskan secara singkat tentang ciri dan faktoryang mempengaruhi keanekaragaman hayati
c.    Percobaan
·   Guru menyiapkan berbagai alat dan bahan untuk melaksnakn praktikum
·   Guru mendemonstrasikan  prosedur  kerja  yang akan dilakukan  siswa
·  Melakukan pengamatan keanekaragaman gen, jenis dan ekosistem dengan kelompok
d.      Mengumpulkan data
·  Siswa secara individu mencatat hasil temuannya
·  Siswa mengembangkan temuan hasil pengamatannya dengan kelompok secara jujur dan bertanggung jawab 
e.     Mengkomunikasikan
·      Mendiskusikan  secara kelompok dari data pengamatan yang didapat.
·      Guru memberikan penguatan berupa penjelasan sebagai penyempurnaan kesimpulan yang dihasilkan siswa
2 menit




8 menit


3 menit



2 menit

3 menit

10 menit



2 menit

5 menit


5 menit

5 menit

Penutup

·   Refleksi /umpan balik
·   Guru memberikan penugasan berupa PT( Penugasan Terstruktur)
·   Quis
·   Do’a tutup dan salam
4 menit
1 menit

5 menit


VII.          ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.          Alat dan bahan
Alat yang digunakan yaitu:
·         LCD proyektor,
·         Screen,
·         Laptop,
·         Peralatan praktikum (dalam LKS),
·         Buku LKS,
·         PPT
·         Bahan lain dari internet.
·         Gambar- gambar tentang keanekaragaman hayati
2.         Sumber belajar
·      Buku  Biologi kelas X, Dyah aryulina, Esis
·      Buku Biologi untuk SMA  kelas X, karangan D.A Pratiwi, dkk Erlangga.
·      Buku –buku yang relevan.
·      Sumber lain dari internet
VIII.       PENILAIAN
1
Penilaian kognitif
:
Test tertulis (terlampir)
2.
Penilaian afektif
:
jujur, kerja sama, responsif dan proaktif. (penilaian terlampir)
3.
Penilaian psikomotor
:
Melakukan praktikum dan diskusi (terlampir)

IX.             PENUGASAN
·      Tugas mandiri terstruktur berupa Quis
·      Tugas mandiri tidak terstruktur yaitu menggali informasi selengkap mungkin mengenai keanekaragaman hayati
·      Tugas pertemuan berikutnya yaitu  mencaritahu materi yang akan dipelajari selanjutnya.


LAMPIRAN
(Lampiran 1)
1.    PENILAIAN KOGNITIF
Penilaian kognitif dilihat dari kemampuan menjawab soal quis yang diberikan di akhir materi.
Dengan penilaian berupa tes.


(lampiran 2)
2.        PENILAIAN AFEKTIF
Materi                          :  KEANEKARAGAMAN HAYATI
Kelas/Semester            :  X / 1
Hari/Tanggal                : 

No
Nama siswa
Asfek yang diamati
Total skor
jujur
kerja sama
responsif
proaktif.
K
C
B
K
C
B
K
C
B
K
C
B

1.














2.














3.














4.














5.














6.














7.














8.














9.














10.














*) Ketentuan:
·           K = Kurang     ( skor 1)
·           C = Sedang     (skor 2)
·           B = Baik          (skor 3)

 (lampiran 3)
3.        PENILAIAN PSIKOMOTOR
Materi                          :  KEANEKARAGAMAN HAYATI
Kelas/Semester            :  X / 1
Hari/Tanggal                : 
No
ASPEK KINERJA YANG DIHARAPKAN
Klp 1
Klp 2
Klp  3
K
C
B
K
C
B
K
C
B

I.      PERSIAPAN PRAKTIKUM









1
Membawa perlengkapan praktikum (alat/ bahan yang ditugaskan)









2
berpenampilan rapi










II.   SELAMA KEGIATAN PRAKTIKUM










A.  Menggunakan alat dan bahan









1
Mengambil bahan dengan rapi, tidak berceceran









2
Mengambil bahan praktikum sesuai kebutuhan









3
Mengoperasikan alat dengan benar









4
Menggunakan alat dan bahan sesuai dengan prosedur praktikum










B.  Kemampuan Keterampilan Mengamati, Menganalisis dan Menyimpulkan Hasil Praktikum









1
Memfokuskan perhatian pada kegiatan praktikum/ tidak mengerjakan hal-hal lain yang tidak berhubungan dengan praktikum









2
Memiliki minat terhadap praktikum









3
Terlibat secara aktif dalam kegiatan praktikum









4
Mengamati hasil praktikum dengan cermat









5
Menafsirkan hasil pengamatan dengan cermat









6
Menyajikan data secara sistematis dan komunikatif









7
Menganalisis data secara induktif









8
Membuat kesimpulan yang sesuai dengan hasil praktikum










C.  KEGIATAN AKHIR PRAKTIKUM









1
Membersihkan alat yang telah dipakai









2
Membersihka meja praktikum dari sampah dan bahan yang telah dipakai









3
Mengembalikan alat ke tempatnya semula dalam keadaan kering











(Lampiran 4)
INSTRUMEN  PENILAIAN DISKUSI
Topik             : ……………………………..…………..
Tanggal         : ……………………………………….
Jumlah Siswa : …………….……… orang.
                       
No
Nama Siswa
Ber-pendapat
Menanggapi
Mempertahan-kan argumentasi
Score
Nilai


1
2
3
1
2
3
4
1
2
3
4






































































































































































































Rubrik penilaian  :
a.       Menyampaikan pendapat
1.      Tidak sesuai masalah
2.      Sesuai dengan masalah, tapi belum benar
3.      Sesuai dengan masalah dan benar
b.      Menanggapi pendapat
1.      Langsung setuju   atau menyanggah tanpa alasan
2.      Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar tidak sempurna
3.      Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar 
4.      Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar  dengan didukung referensi
c.       Mempertahankan pendapat
1.      Tidak dapat mempertahankan pendapat
2.      Mampu Mempertahankan pendapat, alasan kurang benar
3.      Mampu mempertahankan pendapat, alasan benar tidak didukung referensi
4.      Mampu mempertahankan pendapat, alasan benar didukung referensi
                                                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar