RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I. IDENTITAS MATA
PELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN
|
:
|
Sekolah
Menengah Atas (
SMA )PLUS HAYATUNNUR
|
|
1
|
Mata Pelajaran
|
:
|
BIOLOGI
|
2
|
Kelas / Semester
|
:
|
X IPA /1
|
3
|
Bahan kajian (konsep)
|
:
|
KEANEKARAGAMAN
HAYATI
|
4
|
Judul kegiatan
|
:
|
Mendeskripsikan keanekaragaman gen, jenis, ekosistem
melalui kegiatan pengamatan
|
5
|
Alokasi waktu
|
:
|
2
x 40 menit
|
6
|
Kompetensi Inti
|
:
|
1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran
agama yang
di anutnya
2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab,
peduli (gotong royong,
kerjasama,
toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai
permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif
berdasarkan
rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni,
budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan,
kebangsaan,
kenegaraan, dan
peradaban
terkait penyebab
fenomena dan kejadian,
serta
menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang
kajian
yang spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah
4.
Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif
dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
7
|
Kompetensi Dasar dan indikator
|
:
|
1.1.Mengagumi, menjaga,
melestarikan keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang ruang
lingkup, objek dan permasalahan Biologi menurut agama yang dianutnya.
Indikator:
·
Membaca
Basmalah ketika akan mulai pelajaran
·
Mengkaji ayat
al-quran yang membahas tentang keanekaragaman hayati
·
Mengucap
syukur atas segala proses yang terjadi dalam diri
2.1.Berperilaku ilmiah (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta
damai, responsif dan proaktif dalam melakukan percobaan dan diskusi di dalam kelas maupun di luar
kelas.
Indikator :
·
Menunjukan sikap
ilmiah ( jujur, kerja sama, responsif
dan proaktif) selama proses pembelajaran
3.7. Mendeskripsikan keanekaragaman
gen, jenis, ekosistem melalui kegiatan pengamatan
Indikator :
· Menjelaskan
keanekaragaman tingkat gen dan jenis makhluk hidup dari hasil pengamatan lingkungan.
· Membandingkan
ciri keanekaragaman hayati pada tingkat gen, jenis, dan ekosistem.
·
Mengenali kekhasan berbagai tingkat keanekaragaman di lingkungan sekitar
·
Menjelaskan faktor-faktor yang menentukan
keanekaragaman ekosistem.
·
Menjelaskan peran keanekaragaman terhadap
kestabilan lingkungan
·
Menjelaskan
usaha-usaha pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia
4.9.Mengelompokkan berbagai jenis
mahluk hidup pada tingkat gen, jenis dan ekosistem dari berbagai objek dan
atau menggunakan gambar
Indikator :
·
Mengamati
berbagai objek dan gambar jenis makhluk hidup pada tingkat gen, jenis dan ekosistem
·
Mengkomunikasikan
hasil dalam bentuk tabel pengamatan dan laporan.
|
II. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
|
Setelah membaca basmalah, mengkaji ayat al-quran dan
mengucap syukur, siswa dapat lebih memahami keterkaitan konsep pembelajran
dengan ayat al-quran dan senantiasa bersyukur.
|
2.
|
Setelah mempelajari materi tentang keanekaragaman
hayati, siwa dapat berprilaku jujur, kerja sama, responsif dan
proaktif.
|
3.
|
Setelah guru menjelaskan, Membandingkan ciri
keanekaragaman tingkat gen dan jenis makhluk hidup dari hasil pengamatan lingkungan, siswa
dapat mengenali berbagai keanekaragaman tingkat gen dan jenis makhluk hidup
|
4.
|
Setelah Menjelaskan faktor-faktor yang
menentukan keanekaragaman ekosistem siswa dapat mengetahui faktor-faktor yang menentukan
keanekaragaman ekosistem
|
5.
|
Setelah Menjelaskan peran keanekaragaman
terhadap kestabilan lingkungan siswa dapat mengetahui peran keanekaragaman terhadap
kestabilan lingkungan
|
6
|
Setelah Menjelaskan
usaha-usaha pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia siswa dapat mengetahui dan melaksanakan usaha-usaha pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia
|
II.
MATERI
PEMBELAJARAN
a.
Konsep
o Keanekaragaman tingkat gen
Gen mengekspresikan
berbagai variasi dari satu jenis makhluk hidup, seperti tampilan pada bunga ros
merah dengan putih, ukuran daun, tinggi pohon, dsb.
o Keanekaragaman jenis
Keanekaragaman jenis adalah keanekaragaman pada spesies yang
berbeda. Keanekaragaman jenis pada mikroorganisme seperti Saccharomyces sp dan Rhizopus
sp , pada tumbuhan seperti kelapa ,pinang, sawit, Sedangkan pada hewan
contohnya kucing dan macan.
o Keanekaragaman ekosistem
Keanekaragaman ekosistem terjadi karena adanya
perbedaan komponen abiotik suatu lingkungan yaitu Letak pada garis lintang dan bujurnya,
ketinggian tempat, iklim, kelembaban, suhu, kondisi tanah dsb. Keanekaragaman
ekosistem mengakibatkan keanekaragaman hayati
b.
Prosedur
Melakukan pengamatan berbagai objek dan gambar
keanekaragaman hayati.
VI.
STRATEGI
PEMBELAJARAN
1
|
Pendekatan
|
:
|
Saintific
|
2
|
Model Pembelajaran
|
:
|
Discovery learning
|
3
|
Metoda
|
:
|
Diskusi,
praktikum dan ceramah
|
4
|
Langkah-langkah
kegiatan
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Apersepsi meliputi :
·
Salam ,Doa , Sebagai implementasi nilai religius
·
Pengkondisian kelas
, sebagai implementasi
nilai disiplin
·
Melakukan
tanya jawab mengenai materi yang akan di sampaikan
·
Memberikan stimulation kepada siswa
2.
Pra-sarat meliputi:
·
Membaca
artikel yang berhubungan dengan materi
·
Mengumpulkan
mind-map rangkuman materi
3.
Motivasi meliputi:
·
Mengkaji ayat al-quran yang berhubungan
dengan materi
·
Mengamati
gambar
4.
Penyampaian tujuan
5.
Pembuatan kelompok
·
Membagi siswa menjadi 5 kelompok untuk
melakukan praktikum.
|
15 menit
3 menit
2 menit
1 menit
2 menit
2 menit
|
Inti
|
a.Stimulasi
·
Guru
menyiapkan gambar yang sesuai dengan materi pada fakta
·
Guru
menayangkan gambar untuk diamati siswa
b.
Observasi dan perumusan masalah
·
Siswa secara individu mengamati
tayangan gambar tentang keanekaragaman hayati, secara cermat,teliti,untuk memenuhi rasa
ingin tahu
·
Guru Menjelaskan secara singkat
tentang ciri dan faktoryang mempengaruhi keanekaragaman hayati
c. Percobaan
·
Guru menyiapkan berbagai alat dan bahan untuk melaksnakn praktikum
·
Guru
mendemonstrasikan prosedur kerja yang akan
dilakukan siswa
·
Melakukan
pengamatan keanekaragaman gen, jenis dan ekosistem dengan kelompok
d. Mengumpulkan data
·
Siswa
secara individu mencatat hasil temuannya
·
Siswa mengembangkan temuan hasil
pengamatannya dengan kelompok secara
jujur dan bertanggung jawab
e. Mengkomunikasikan
·
Mendiskusikan secara
kelompok dari data pengamatan yang
didapat.
·
Guru memberikan penguatan berupa
penjelasan sebagai penyempurnaan kesimpulan yang dihasilkan siswa
|
2 menit
8 menit
3 menit
2 menit
3 menit
10 menit
2 menit
5 menit
5 menit
5 menit
|
Penutup
|
·
Refleksi /umpan balik
·
Guru
memberikan penugasan berupa PT(
Penugasan Terstruktur)
·
Quis
·
Do’a tutup dan salam
|
4 menit
1 menit
5 menit
|
VII.
ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
1.
Alat dan bahan
Alat yang digunakan yaitu:
·
LCD proyektor,
·
Screen,
·
Laptop,
·
Peralatan praktikum (dalam LKS),
·
Buku LKS,
·
PPT
·
Bahan lain dari internet.
·
Gambar- gambar tentang keanekaragaman
hayati
2.
Sumber belajar
· Buku Biologi kelas X, Dyah aryulina, Esis
· Buku Biologi untuk SMA kelas X, karangan D.A Pratiwi,
dkk Erlangga.
· Buku –buku yang relevan.
· Sumber lain dari internet
VIII.
PENILAIAN
1
|
Penilaian
kognitif
|
:
|
Test tertulis (terlampir)
|
2.
|
Penilaian afektif
|
:
|
jujur,
kerja sama, responsif
dan proaktif. (penilaian terlampir)
|
3.
|
Penilaian psikomotor
|
:
|
Melakukan praktikum dan diskusi (terlampir)
|
IX.
PENUGASAN
·
Tugas mandiri
terstruktur berupa Quis
·
Tugas mandiri tidak
terstruktur yaitu menggali informasi
selengkap mungkin mengenai keanekaragaman hayati
·
Tugas pertemuan berikutnya yaitu mencaritahu
materi yang akan dipelajari selanjutnya.
LAMPIRAN
(Lampiran 1)
1.
PENILAIAN KOGNITIF
Penilaian
kognitif dilihat dari kemampuan menjawab soal quis yang diberikan di akhir
materi.
Dengan
penilaian berupa tes.
(lampiran 2)
2.
PENILAIAN AFEKTIF
Materi : KEANEKARAGAMAN HAYATI
Kelas/Semester : X / 1
Hari/Tanggal :
No
|
Nama siswa
|
Asfek yang diamati
|
Total skor
|
|||||||||||
jujur
|
kerja
sama
|
responsif
|
proaktif.
|
|||||||||||
K
|
C
|
B
|
K
|
C
|
B
|
K
|
C
|
B
|
K
|
C
|
B
|
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*)
Ketentuan:
·
K = Kurang ( skor 1)
·
C = Sedang (skor 2)
·
B = Baik (skor 3)
(lampiran 3)
3.
PENILAIAN PSIKOMOTOR
Materi : KEANEKARAGAMAN HAYATI
Kelas/Semester : X / 1
Hari/Tanggal :
No
|
ASPEK
KINERJA YANG DIHARAPKAN
|
Klp 1
|
Klp 2
|
Klp 3
|
||||||
K
|
C
|
B
|
K
|
C
|
B
|
K
|
C
|
B
|
||
|
I.
PERSIAPAN
PRAKTIKUM
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Membawa perlengkapan praktikum (alat/ bahan yang
ditugaskan)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
berpenampilan rapi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
II. SELAMA
KEGIATAN PRAKTIKUM
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A.
Menggunakan alat dan bahan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Mengambil bahan dengan rapi, tidak berceceran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Mengambil bahan praktikum sesuai kebutuhan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Mengoperasikan alat dengan benar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Menggunakan alat dan bahan sesuai dengan prosedur
praktikum
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B.
Kemampuan Keterampilan Mengamati, Menganalisis dan
Menyimpulkan Hasil Praktikum
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Memfokuskan perhatian pada kegiatan praktikum/ tidak
mengerjakan hal-hal lain yang tidak berhubungan dengan praktikum
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Memiliki minat terhadap praktikum
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Terlibat secara aktif dalam kegiatan praktikum
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Mengamati hasil praktikum dengan cermat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Menafsirkan hasil pengamatan dengan cermat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Menyajikan data secara sistematis dan komunikatif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Menganalisis data secara induktif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Membuat kesimpulan yang sesuai dengan hasil praktikum
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C.
KEGIATAN AKHIR PRAKTIKUM
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Membersihkan alat yang telah dipakai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Membersihka meja praktikum dari sampah dan bahan yang
telah dipakai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Mengembalikan alat ke tempatnya semula dalam keadaan
kering
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(Lampiran 4)
INSTRUMEN PENILAIAN DISKUSI
Topik
: ……………………………..…………..
Tanggal
: ……………………………………….
Jumlah
Siswa : …………….……… orang.
No
|
Nama Siswa
|
Ber-pendapat
|
Menanggapi
|
Mempertahan-kan argumentasi
|
Score
|
Nilai
|
||||||||
|
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik penilaian :
a. Menyampaikan
pendapat
1.
Tidak sesuai masalah
2.
Sesuai
dengan masalah, tapi belum benar
3.
Sesuai dengan masalah
dan benar
b. Menanggapi
pendapat
1.
Langsung setuju atau menyanggah tanpa alasan
2.
Setuju
atau menyanggah dengan alasan yang benar tidak sempurna
3.
Setuju
atau menyanggah dengan alasan yang benar
4.
Setuju
atau menyanggah dengan alasan yang benar
dengan didukung referensi
c. Mempertahankan
pendapat
1.
Tidak dapat
mempertahankan pendapat
2.
Mampu Mempertahankan
pendapat, alasan kurang benar
3.
Mampu mempertahankan
pendapat, alasan benar tidak didukung referensi
4.
Mampu mempertahankan
pendapat, alasan benar didukung referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar